Rabu, 27 Juli 2011

0 Airbag

Agan-agan semua pasti sering liat tulisan "SRS Airbag" di setir mobil ataupun di dashboard mobil. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa itu airbag. Dan saya yakin pasti banyak dari kalian yang belum pernah melihat secara langsung bagaimana airbag bekerja (Yaiyalah, soalnya kalo mau liat airbag bekerja harus tabrakan dulu, kecuali ke bengkel dan menyalakan sensornya secara manual. Bengkel deket rumahku murah lho *oke aku ngelantur)

Kantong udara yang dikenal sebagai Air bag merupakan perangkat keselamatan kendaraan bermotor modern. Dalam kecelakaan lalu-lintas antara kendaraan bermotor dengan kendaraan lain atau objek tetap, pengemudi dan penumpang dilindungi dengan suatu kantong udara yang mengembang dalam hitungan milli detik.

Pada awalnya kantong udara hanya digunakan pada tempat pengemudi yang ditempatkan di kemudi, belakangan ini jumlah kantong udara juga digunakan untuk penumpang yang duduk dikursi depan, dan ada kendaraan yang juga menempatkan pada kursi belakang, termasuk yang ditempatkan di pintu untuk mengantisipasi tabrakan dari samping.

- Cara kerja

Untuk mengembangkan kantong dengan sangat cepat, pada saat terjadi kecelakaan pemicu akan mengaktipkan reaksi kimia propelant dengan sangat cepat dan menghasilkan gas N2 dalam waktu yang sangat singkat untuk mengembangkan kantong dan setelah benturan terjadi. Setelah beberapa saat kemudian kantong akan mengempis dengan sendirinya sehingga kantong tidak akan mengahalangi pernapasan korban kecelakaan.

Airbag yang sudah mengembang

Interior Buick Electra 1975

Seitenairbag Porsche

Airbag di Motor

About the Author

I'm Author description here. Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these sentences with your own descriptions. Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter My user

    Other Recommended Posts

  • Mobil, Pengetahuan

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top