Senin, 30 April 2012

0 *Jalan Jalan ke Taman Nasional Meru Betiri Yuuukkk ....*



Taman Nasional Meru Betiri terletak di regional Jawa Timur , ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1982 oleh Menteri Pertanian dengan luas wilayahnya sekitar 58.000 ha dengan nama diambil dari nama gunung tertinggi di kawasan ini yaitu gunung Betiri (1.223m). Secara administratif, Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Penunjukan taman nasional ini disahkan dengan surat keputusan Menteri Kehutanan, SK No. 277/Kpts- VI/97. 

Taman Nasional Meru Betiri merupakan perwakilan ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah di Jawa.Kawasan Taman Nasional Meru Betiri terdiri dari hutan hujan tropis dengan formasi hutan bervariasi yang terbagi ke dalam 5 tipe vegetasi yaitu vegetasi hutan pantai, vegetasi hutan mangrove, vegetasi hutan rawa, vegetasi hutan rheophyte dan vegetasi hutan hujan dataran rendah.
Lokasi

AKSES KE LOKASI
TN Meru Betiri dapat diakses baik melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur, atau pun melalui Kabupaten Jember di sebelah barat. Yakni melewati tempat-tempat sbb.:
- Surabaya - Jember - Ambulu, 225 km (± 5 jam).
- Ambulu - Curahnongko - Bandealit, 31 km (± 3 jam).
- Surabaya - Banyuwangi - Jajag, 342 km (± 6 jam).
- Jajag - Sarongan - Sukamade, 60 km (± 3 jam).

Taman Nasional Meru Betiri memiliki obyek wisata petualangan hutan dan pantai. Pantai yang ada banyak yang masih "perawan" karena memang tidak diperkenankan untuk dibangun sarana wisata yang permanen. Banyak lokasi indah yang bisa kunjungi dalam kawasan taman nasional ini. Di antaranya Pantai Rajegwesi, Teluk Damai, Teluk Hijau, Teluk Penyu, Pantai Sukamade dan Pantai Bandealit.

MASING - MASING LOKASI MEMPUNYAI KEUNIKAN TERSENDIRI
- Pantai Rajegwesi
- Teluk Damai
- Teluk Hijau
- Pantai Koral


Taman Nasional Meru Betiri ini juga mempunyai ciri khas tersendiri yaitu,merupakan habitat penyu belimbung,penyu hijau,penyu sisik dan penyu ridel/lekang di Pantai Sukamade.Dipantai tersebut di bangung berbagai fasilitas sederhana untuk pengembangbiakan penyu.
- Penyu Belimbing
- Penyu Sisik
- Penyu Lekang
- Penyu Hijau

Taman nasional ini merupakan habitat tumbuhan langka yaitu bunga raflesia (Rafflesia zollingeriana), dan beberapa jenis tumbuhan lainnya seperti bakau (Rhizophora sp.), api-api (Avicennia sp.), waru (Hibiscus tiliaceus), nyamplung (Calophyllum inophyllum), rengas (Gluta renghas), bungur (Lagerstroemia speciosa), pulai (Alstonia scholaris), bendo (Artocarpus elasticus), dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan.
- Bunga Raflesia
-Tanaman Obat

Taman Nasional Meru Betiri terkenal sebagai habitat terakhir harimau loreng Jawa (Panthera tigris sondaica) yang langka dan dilindungi. Sampai saat ini, satwa tersebut tidak pernah dapat ditemukan lagi dan diperkirakan telah punah. Punahnya harimau loreng Jawa berarti punahnya tiga jenis harimau dari delapan jenis yang ada di dunia (harimau Kaspia di Iran, harimau Bali dan harimau Jawa di Indonesia).
- Harimau Loreng Jawa


STAY PEACE, LOVE, ALIM, AND GAHOEL




































About the Author

I'm Author description here. Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these sentences with your own descriptions. Subscribe to Our Feed and Follow Me on Twitter My user

    Other Recommended Posts

  • Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top